Selasa, 29 September 2020

Permandian Hendaopa.dan permandian unik lain yang berada di Negeri seribu Bambu desa wawotimu(lagolle).kec.Tomia timur. Kabupaten WAKATOBI

Permandian di Negeri seribu Bambu


Permandian alam Hendaopa terletak di Desa Wawotimu (Lagole), Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi-Sulawesi Tenggara.

               Foto pintu masuk permandian hendaopa. 


Permandian ini sangat unik karena berbentuk gua yang berbentuk kolam alami yang cantik. 

dimana airnya sangat jernih dan tawar sekali.didalam permandian tersebut, dihuni sekelompok ikan Mujair kecil. yang sering muncul saat air permandian hendaopa mulai tenang. (Tidak ada yang mandi).

Di samping permandian ini. Ada permandian kecil yang sering di sebut masyarakat lokal Wawotimu. (Limbanga) yang juga merupakan sambungan permandian hendaopa. Konon menurut cerita masyarakat wawotimu. Permandian ini pernah di huni oleh seekor hiu kuning.dan hiu itu telah di bius pada jaman kolonial belanda. (Entah benar atau tidak) atau mungkin hanay sebuah dongeng. Entahalah. 🙏

Namun permandian hendaopa kini di sulap pemerintah Desa wawotimu/Lagolle lewat ADD. menjadi salah satu tempat wisata yang sering di kunjungi Masyarakat pulau Tomia. 

Tentu Segala sesuatu yang indah memang tidak selalu mudah untuk didapat, begitu pula untuk mencapai dan menemukan surga tersembunyi “Permandian Hendaopa”yang posisinya berada di jantung pulau segitiga emas karang dunia yakni Wakatobi.

Namun. Sebelum Mencapai permandian ini. Desa wawotimu. Memiliki beberapa permandian yang sangat jarang di ketahui oleh wisatawan.atau masyarakat pulau Ti sendiri.Nah kali ini sobat wakatobi Milenial. Akan menyebutkan beberapa permandian sebelum kita menjumpai permandian Hendaopa.yaitu :

  • Permandian Tee famantale
  • Permandian Tee kappu
  • Permandian Tee moai
  • Permandian Tee dondo
  • Permandian Ter tuki
  • Barulah kita menjumpai Permandian hendaopa yang di ujung Sekitaran pantai. 
#permandian tee famantale adalah sebuah permandian yang pertama akan kita jumpai tepat sebelah kanan bila menuju permandian hendaopa. Konon Menurut cerita masyarakat lokal. Permandian ini dulu sangat di keramatkan.di sebut sebagai permandian famantale. Karena setiap yang hendak ingin turun atau jatuh kepermandian ini. Maka tubuhnya akan terpisah-pisah. terpisah Yang berarti dalam bahasa Tomia mantale(horor bukan). 
Agar badan kita tidak terpisah/mantale.saat ingin turun kepermandian ini. Kita perlu turun dengan cara yang aneh. Yakni menggunakan dua Jari. Dan kaki dua jari.

#permandian Tee Kappu
Setelah kita mendapati permandian tee Famantale. Barulah kita menjumpai permandian yang satu ini. Yaitu permandian tee Kappu. Tepat berada disebelah kiri jalan Menuju permandian hendaoppa.
disebut sebagai permandian tee Kappu karena memiliki pintu masuk yang kecil dan Tertutup.Tertutup yang berarti Kappu/Tottutu. 
Konon permandian ini dulu di keramatkan karena menyimpan rahasia. Yang dimana menurut cerita masyarakat. Didalam permandian tersebut tersimpan Harta emas yang di jaga oleh penghuninya. 

#permandian Tee Moai
Permandian Tee moai adalah salah satu permandian yang paling sering dikunjungi masyarakat wawotimu.permandian ini. Sering digunakan sebagai tempat mandi sekaligus tempat untuk mencuci pakaian. Permandian ini mengikuti pasang surut air laut. Yang dimana jika air laut pasang. Maka permandian ini akan ikut pasang, tapi airnya sangatlah hambar.permandian ini berada di sebelah kanan jalan dan paling dekat dengan jalan. Memiliki pintu masuk yang agak miring. Tapi mudah untuk melaluinya. 

#permandian Tee dondo
Permandian Tee dondo adalah permandian yang di jumpai setelah menjumpai permandian tee moai. Di sebut sebagai permandia Tee Dondo. Karena didalam permandia tersebut sangatlah gelap (Gelap dalam bahasa Tomia Dondo).
sehingga masyarakat atau wisatawan Harus memakai senter, lampu. Karena Gelapnya permandian ini menjadikan kealamian permandian ini Tetap terjaga. Hingga airnya sangatlah Jernih. Tanpa Sampah ulah Manusia. 
Dan  sekarang permandian ini telah di jadikan sebagai Air PAM oleh Masyarakat wawotimu/Lagolle.
Permandian ini terdapat disebelah kanan jalan Menuju Permandian Hendaopa. Dan tak jauh dari permandian Teemoai. 

#permandian Tee Tuuki
Nah permandian Tee Tuuki adalah permandian yang di jumpai setelah melewati Permandian Tee dondo. 
Disebut sebagai permandian Tee Tuukki
Karena mulut Gua permandian tersebut seperti Tungku. Tungku Yang berarti Tuuki dalam bahasa Tomia. 

#permandian Hendaopa
Nah setelah menjumpai semua permandian diatas. Maka barulah anda akan menjumpai permandian yang satu ini. Dan merupakan permandian di pinggir pantai juga memiliki keistimewaan yang khas.

Selain itu,permandian ini juga saat dikunjungi dapat memberikan kenikmatan suasana alamnya tersendiri yang sejuk dan memukau serta memanjakan mata.Waktu berkunjung ketempat ini sangat bebas,baik saat sore hari ataupun pagi hari tetap pengunjung dapat menikmati eksotisme surga kecil telaga tersebut.

Selain itu wisatawan.dapat menikmati pemandangan pada pinggir pantai hendaaopa yang tak jauh dari permandian tersebut. 



Daripada penasaran. Mending yuk. Langsung berkunjung saja ke Desa wawotimu/Negeri seribu bambu. 

Aku saranin untuk memakai sepeda motor roda dua aja ya teman-teman. Klauw kepermandian tersebut.. Tpi ngga berbahaya kok. 🙏🙏

        Berikut video suasana permandian Hendaopa. 




Tidak ada komentar:

TATA TERTIB PEMBENTUKAN KARANG TARUNA REKO DETE

TATA TERTIB MUSYAWARAH BESAR KARANG TARUNA (MUBESKAR) REKO DETE DESA DETE JANUARI 2017-2020 BERIKUT GAMBAR LOGO KARANG TARUNA REKO DETE : ...