Kamis, 24 September 2020

Tadu Sangia fatu kolo Desa dete. Kec.Tomia timur kabupaten wakatobi

Asal - usul Tadu Sangia Fatu kolo Desa Dete, kec. Tomia Timur. Kabupaten Wakatobi

          Foto Tadu Sangia Fatukolo, Desa Dete. Kecamatan Tomia Timur
                                    Kabupaten Wakatobi. 



Arti dari Tadu Sangia Fatu Kolo yaitu diantaranya adalah Tadu yang artinya Tanjung, Sangia yang artinya tempat yang dikeramatkan, dan Fatu Kolo artinya beberapa batu yang berbentuk seperti batu yang saling usung antara batu yang satu dengan batu lainnya. 

Batu tersebut berada di laut. Jadi tempat ritual tersebut dinamakan Tadu Sangia Fatu Kolo karena di sebuah tanjung ada tempat yang dikeramatkan di sekitar tempat tersebut. 

Konon pelaksanaan Proses Ritual Tadu Sangia Fatu Kolo  Nenek moyang melakukan persiapan sebagai berikut :

pertama, sebelum proses pelaksanaan ritual tersebut memilih hari sebagai penentuan hari pelaksanaan ritual,melakukan pembersihan lahan, pembuatan rumah rumah kecil, dan hari atau malam pelaksanaan ritual. 

Kedua,ialah bahan-bahan yang disiapkan yaitu daun sirih, tembakau tradisional, pinang, gambir, kapur sirih, telur ayam kampung, beras, daging ayam kampung, karasi, dan cucur.

Ketiga, Nilainilai yang terkandung dalam pelaksanaan Ritual Tadu Sangia Fatu Kolo ini yaitu nilai sejarah yang berupa manifestasi pada budaya masa lampau yang dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Desa Dete Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi, nilai sosial yang berupa sistem gotong royong atau kebersamaan, nilai religi atau keagamaan yang berupa keyakinan masyarakat tentang sang pencipta alam semesta.

4.perubahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan Ritual Tadu Sangia Fatu kolo Terdiri Dari :

(a) perubahan pada proses pelaksanaan Ritual Tadu Sangia Fatu Kolo. 
(b) perubahan pada bahan yang digunakan dalam pelaksanaan RitualTadu Sangia Fatu Kolo.
(c) perubahan faktor penyebab dilakukannya RitualTadu Sangia Fatu Kolo, serta (d) perubahan pada Tadu Sangia Fatu Kolo yang dijadikan objek wisata.

Ritual Tadu Sangia Fatu Kolo merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat Desa Dete, dimana adanya kepercayaan masyarakat bahwa dengan dilakukannya ritual Tadu Sangia Fatu Kolo keinginan atau permohonan mereka akan terkabulkan. 


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bee.te tadi sangia

TATA TERTIB PEMBENTUKAN KARANG TARUNA REKO DETE

TATA TERTIB MUSYAWARAH BESAR KARANG TARUNA (MUBESKAR) REKO DETE DESA DETE JANUARI 2017-2020 BERIKUT GAMBAR LOGO KARANG TARUNA REKO DETE : ...